HASIL QUICK COUNT PILKADA KK - KOTAMOBAGU

logo kota kotamobagu
Pada hari senin tanggal 24 juni 2013 di Kota Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara akan diadakan Pemilihan Kepala Daerah. Untuk menentukan siapa kandidat Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu yang dipercaya masyarakat untuk memimpin kota tersebut maka sebanyak Empat pasangan calon bertarung di Pilwako Kotamobagu Provinsi Sulawesi Utara .

Penetapkan empat pasang calon sebagai peserta pemilihan walikota dan wakil walikota periode 2013-2018 adalah Sesuai dengan Surat Keputusan KPU KK nomor : 19/kpps/kwk/kpu kk/2013. KPUD Kota Kotamobagu menetapkan Empat pasangan calon pemimpin Kota Kotamobagu 5 tahun ke depan, yaitu:
  1. nomor urut 1 di tempati pasangan dari partai PAN Ir, Hj. Tatong Bara dan Drs, Hi. Jainuddin Damopolii (TB-Jadi).
  2. nomor urut 2 ditempati Hi. Nurdin Makalalag dan Robert Siagiaan (BeNaR) dengan Partai PBB, PPRN. Selanjutya, 
  3. nomor urut 3 Drs. Hi. Djelantik Mokodompit (incumbent) berpasangan dengan Hi. Rustam Simbala (DjelaS) diusung partai Golkar, PDIP, Gerindra dan Hanura,
  4. nomor urut 4, yaitu Pasangan Muhammad Salim Landjar dan Ir, Ishak Sugela ME (LarIs) dengan partai pendukungnya Demokrat, PKS, PKB dan PPP.

Hasil Quick Count Pilkada KK - Kotamobagu 2013 :

1. Tatong Bara - Jainudin Damopolii (TB-JADI) : 33.243 suara
2. Nurdin Makalalag - Robert Siagian (BENAR) : 975 suara
3. Djelantik Mokodompit - Rustam Simbala (DJELAS) : 24.156 suara
4. Muhammad Salim Landjar - Ishak Sugeha (LARIS) : 4.591 suara

#Hasil Pilkada KK - Kotamobagu 2013 sementara hingga sore dengan suara masuk 98%. Hasil final pilwako ditentukan dalam pleno


Pengujian kemampuan dan intelektual empat pasangan calon yang akan bertarung pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu periode 2013-2018, Minggu (16/06/2013) sore, dilakukan oleh sepuluh panelis dari berbagai universitas ternama di Sulut. Sedikitnya ada tiga sesi dalam debat kandidat itu.

Sesi pertama dan kedua tentang pemecahan masalah yang ada di Kota Kotamobagu, diantaranya penyebaran dan penataan penduduk, penuntasan kemiskinan dan pengangguran, budaya pemimpin yang amanah, kearifan budaya daerah, reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan dan pembangunan ekonomi dan UMKM serta pembangunan kesehatan.

Saat memecahkan topik tersebut, pasangan nomor urut empat yakni Mohamad Salim Lanjar dan Ishak Sugeha, memilih topik reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan dan pembangunan ekonomi dan UMKM. Sementara itu, pasangan nomor urut tiga yakni Djelantik Mokodompit dan Rustam Simbala, lebih memilih topik penuntasan kemiskinan dan penganguran.

Saat giliran pasangan nomor urut dua, yakni Nurdin Makalalag dan Sahat Robert Siagian, memilih topik budaya pemimpin yang amanah. Dan untuk pasangan nomor urut satu lebih memilih topik penyebaran dan penataan penduduk. Usai debat kandidat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, di gedung DPRD Kotamobagu, empat pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu kembali melakukan kampanye.

Kampanye Putaran Terakhir - Pasangan nomor urut satu Tatong Bara-Jainuddin Damopolii (TB-JaDi), melakukan kampanye terakhirnya, Senin (17/6) di Lapangan Kelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat. Selain Wakil Ketua DPP PAN, Drajat Wibowo, pada kampanye yang dihadiri ribuan pendukung dan simpatisan TB-JaDi, menghadirkan sejumlah artis ibukota Jakarta. Diantaranya, Saiful Jamil, Ashanty, serta Ike Nurjanah.

Sementara pasangan nomor urut dua, Nurdin Makalalag-Sahat Robert Siagian (BeNaR), akan menggelar kampanye terakhirnya di Lapangan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, pada Selasa (18/6) ini. Pada kampanye ini, akan dihadiri Sekjen DPP PBB BM Wibowo, Wakil Ketua DPP PBB Sarifin Maloko dan Wakil Sekretaris Majelis Syuro yang juga juru bicara (jubir) Yusril Ihza Mahendra, Jurhum Lantong.

Pasangan nomor urut tiga, Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala (DjelaS). Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PDIP ini akan melakukan kampanye terakhirnya di Lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobabu Selatan pada Rabu (19/6) besok. Informasinya, pada kampanye ini akan menurunkan full tim. Sejumlah petinggi DPP PDI-P, DPD PDI-P Sulut, kepala daerah yang diusung PDI-P dan memenangkan pilkada dan para petinggi di Partai Golkar.

Terakhir, pasangan nomor urut empat Muhammad Salim Landjar-Ishak Sugeha (LarIs). Pasangan yang diusung PKB, PKS, dan Partai Demokrat ini akan mengambil Lapangan Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat sebagai lokasi kampanye terakhir, pada Kamis 20 Juni 2013. Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan dengan tegas mengatakan, setelah jadwal kampanye ini selesai, semua pasangan calon dilarang melakukan segala bentuk yang berbau kampanye. - Hasil Quick Count Pilkada -