Home » » Hasil perhitungan Pilkada Kota Jambi 2013

Hasil perhitungan Pilkada Kota Jambi 2013

Written By muhamad nurdin fathurrohman on Friday, June 28, 2013 | 12:00 AM

Logo Kota Jambi
Pada hari Sabtu tanggal 29 Juni 2013 di kota Jambi akan dilaksanakan Pilwako / Pilkada /  Pemilukada, dengan jumlah pemilih (mata pilih) sebanyak 415.068 orang.  Pemilihan tersebut dilaksanakan setelah selesainya masa kampanye yang dilakukan oleh ke-empat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi selama 14 hari yang dimulai 12-21 Juni 2013. Keempat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi yang akan dipilih tersebut adalah: Pertama Pasangan Bambang-Yeri yang diusung PKS dan PKB, PKPI dan PPI. Kedua Pasangan Sum Indra-Maulana yang diusung PAN, PKPB, PBB dan PDK. Ketiga Pasangan Fasya-Abdulah Sani yang diusung Golkar, PDI-P, PPP, PDS, Gerinda. Sedangkan yang Terakhir Pasangan Effendi-Nawi yang diusung Demokrat dan Hanura.

Hasil Quick Count Pilkada Kota Jambi 2013 oleh Pemerintah Kota Jambi :

1. Bambang Priyanto - Yeri Mutholib : 389 suara atau 13,58 persen
2. Sum Indra - Maulana (Simpatik) : 595 suara atau 30,22 persen
3. Syarif Fasha - Abdullah Sani (FAS) : 919 suara atau 35,27 persen
4. Effendi Hata - Asnawi AB (FENA) : 451 suara atau 16,52 persen

#Hasil Quick Count Pilkada Kota Jambi 2013, Perhitungan sementara real count pukul 13.40 yang dilakukan Pemerintah Kota Jambi melalui KPDE, pada pemilihan Wali Kota Jambi periode 2013-2018.

Hasil Quick Count Pilkada Kota Jambi 2013 oleh Tim Sukses Simpatik :

1. Bambang Priyanto - Yeri Mutholib : 10,84 persen suara
2. Sum Indra - Maulana (Simpatik) : 37,42 persen suara
3. Syarif Fasha - Abdullah Sani (FAS) : 32,18 persen suara
4. Effendi Hata - Asnawi AB (FENA) : 18,96 persen suara

#Hasil Quick Count Pilkada Kota Jambi 2013 sementara hingga pukul 15.05, hasil real count yang dilakukan tim Simpatik di rumah besar keluarga NH di Kampung Manggis dengan
suara yang masuk mencapai 43,31 persen dari DPT sebanyak 450.285 suara. Masih ada 369.834 suara lagi yang bisa saja mempengaruhi persentase perolehan suara.


Jambi Kamis (23/5/2013), lapangan Mapolresta Jambi, Lima point nota kesepahaman yang ditandatangani oleh masing-masing kandidat yang ditandatangani oleh seluruh pasangan calon pemilukada Kota Jambi:
  1. Setiap pasangan calon akan melaksanakan tahapan inti Pemilukada Kota Jambi tahun 2013 secara damai, dengan sepakat menjaga stabilitas politik, keamanan, dan ketertiban umum dalam Kota Jambi.
  2. Akan melaksanakan secara edukatif dengan saling menghormati sesama pasangan calon walikota dan wakil walikota, serta tim sukses. 
  3. Akan tunduk pada Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, sehingga Pemilukada Kota Jambi 2013 terlaksana dengan demokratis dan bermartabat. 
  4. Akan siap dan bersedia menerima sanksi apabila melanggar aturan, dan tidak melakukan kampanye negatif yang sifatnya memfitnah pasangan calon lain. 
  5. Seluruh pasangan calon akan siap mensukseskan Pemilukada Jambi 2013.

Selainn itu Penandatanganan Nota kesepahaman tersebut juga dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jambi, Dandim 0415/Batanghari, Walikota Jambi, Pelaksana Tugas Kapolresta Jambi, dan Ketua Pengadilan Negeri Jambi. Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi Kamis (16/5) menggelar rapat pleno Daftar Pemilih Tetap pada pemilihan Calon Walikota Dan Wakil Walikota Jambi. KPU menetapkan 415.068 pemilih tetap yang berhak menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan kepala Daerah. Rapat pleno yang digelar di ruang Beppeda kota Jambi ini berlangsung lancar meski ada beberapa kritikan dari Panitia Pengawas Pemilu kota Jambi.

"Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi. mengatakan 'Jadi ada 415.068 pemilih pada pelaksanaan pilwako kota Jambi 29 juni mendatang, dengan rincian 208.208 pemilih laki-laki dan 206.860 pemilih wanita dengan jumlah TPS sebanyak 1339 di 8 kecamatan, hanya ada kesalahan jumlah pemilih di beberapa PPK, setelah diteliti ulang maka hal itu bisa kita perbaiki, masalahnya hanya ada pemilih yang meninggal namun masih tercatat sebagai pemilih tetap, ataupun kesalahan penghitungan akhir di PPK, namun bukan menjadi masalah yang signifikan, kita akhirnya sepakat menentukan jumlah DPT akhir yakni 415.068 pemilih,".

Selain itu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, menggelar rapat pleno terbuka untuk menentukan nomor urut empat pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Jambi tahun 2013. Keempat pasang kandidat yang akan bertarung yaitu, M Sum Indra- Maulana, Effendi Hatta-Asnawi Ab, Sy Pasha-Abdullah Sani dan HR Bambang Priyanto-Yeri Muthalib. Selain pengambilan nomor urut, juga akan ditayangkan rancangan daftar pasangan calon pada surat suara yang digunakan pada saat pemungutan suara 29 Juni mendatang. Empat pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi selanjutnya mengikuti deklarasi dan kampanye damai sebagai tahapan awal Pilkada Kota Jambi.

Deklarasi dan kampanye damai Pilkada Jambi 2013, diikuti empat pasangan calon yang digelar di GOR Kota Baru, Jambi. Ketua KPU Kota Jambi, Ratna Dewi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini hasil kesepakatan dari semua kandidat cawako Jambi dalam tahapan pelaksanaan Pilkada Kota Jambi. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan damai dan salah satu kegiatannya adalah dengan membuat komitmen bersama dalam deklarasi dan kampanye damai yang merupakan salah rangkaian Pilkada Jambi. Kampanye Pilkada Jambi calon wali kota dan wakil wali kota Jambi akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai 12 - 21 Juni.

Kemudian, Ratna Dewi juga mengingatkan, kepada seluruh pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi untuk tidak melanggar kampanye dengan tidak menyinggung masalah Sara, menghasut dan tidak mengadu domba, tidak mengancam dengan kekerasan serta lainnya. Keempat pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi yakni Bambang-Yeri, Sum Indra-Maulana, Fasya-Abdulah Sani dan Effendi-Nawi membaca dan menandatangani ikrar kampanye damai di Gor Kota Baru, Jambi. Kemudian masing-masing kandidat yang maju Pilkada Jambi menyampaikan sambutan atas kampanye damai Pilkada tersebut.

Setelah melaksanakan kampanye damai, keempat pasang calon wali kota dan wakil wali kota ikut melakukan pawai kendaraan yang dimulai dari kendaraan KPU Kota Jambi. Kendaraan pawai aksi kampanye damai pertama dilakukan oleh pasangan nomor urut satu Bambang-Yeri yang diusung PKS dan PKB, PKPI dan PPI. Kemudian disusul oleh pasangan nomor urut dua Sum Indra-Maulana yang diusung PAN, PKPB, PBB dan PDK, disusul kendaraan pasangan nomor urut tiga, Fasya-Abdullah Sani yang diusung Golkar, PDI-P, PPP, PDS, Gerinda. Kemudian terakhir kendaraan pawai ditutup oleh pasangan nomor urut empat, Effendi-Nawi yang diusung Demokrat dan Hanura. - Hasil Perhitungan suara Pilkada Jambi 2013 -